√ Standar Isi Kurikulum Praktek Ibadah Di Madrasah

Ciri khas pendidikan di madrasah diantaranya ialah adanya muatan lokal yang memperlihatkan ka √ Standar Isi Kurikulum Praktek Ibadah di Madrasah
Kabarmadrasah.com-Ciri khas pendidikan di madrasah diantaranya ialah adanya muatan lokal yang memperlihatkan abjad islami kepada akseptor didik. Dari banyaknya mata pelajaran, ada yang tercover dalam kurikulum nasional semisal mapel bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial , Matematika dan lain-lain. Ada Juga mata pelajaran yang tercover dalam kurikulum muatan lokal baik propinsi maupun kabupaten (mapel bahasa jawa dan bahasa inggris), serta satuan pendidikan. dan ada juga mata pelajaran pengembangan diri yang sifatnya khusus di madrasah sebagai ciri khas dari madrasah yang bersangkutan semisal Tahlil, kaligrafi dan acara Kursus-kursus di luar KBM menyerupai Sanggar Bahasa, dan praktek ibadah yang menitik beratkan pada parktek keseharian ibadah. Di dalam Standar isi kurikulum muatan lokal Praktek Ibadahterdapat point-point nilai untuk menanamkan abjad islami dan susila mulia semenjak dini kepada akseptor didik, Apa saja stanndar isi Kurikulum Praktek Ibadah di MI NU Miftahul Falah Undaan Tengah Kudus, Silakan disimak tabel di bawah ini
KELAS : I ( SATU )
SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
I
1.1.    Mengenal Rukun Islam
-      Menyebutkan 5 Rukun Islam
-      Menghafal Syahadatain dan artinya
-          Peserta didik sanggup membaca 5 Rukun Islam
-          Peserta didik sanggup menghafal Syahadatain dan artinya
1.2.    Mengenal tata cara bersuci dari najis
-      Menjelaskan bersuci dari najis
-          Guru mengambarkan macam – macam najis sambil memberi teladan kepada Peserta didik dan dipraktikkan bersuci
II
2.1 Mengenal Tata Cara
berwudlu
-      Menjelaskan tata cara berwudlu
-          Guru menjelaskan tata cara berwudlu
-          Guru membaca niat wudlu Peserta didik menirukan niat wudlu
-          Peserta didik sanggup menghafal Niat Wudlu
-          Peserta didik sanggup mempraktikkan wudlu
-          Guru membaca do’a setelah wudlu Peserta didik menirukan do’a setelah wudlu
-          Peserta didik sanggup menghafal do’a setelah wudlu
KELAS : II (DUA )
SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
I
1.1.    Mempraktikkan Sholat Fardlu
-       Menyebutkan waktu sholat fardlu
-       Menyebutkan jumlah rokaat sholat fardlu
-       Peserta didik sanggup menyebutkan nama-nama sholat fardlu dan lafad niat sholat fardlu
-       Peserta didik sanggup mengerti jumlah rokaat dan lafad niat sholat fardlu
-       Peserta didik sanggup hafal niat sholat fardlu
-       Peserta didik sanggup hafal bacaan-bacaan dalam sholat fardlu
II
2.1 Adzan dan Iqomah
-       Menyebutkan Adzan dan Iqomah
-       Peserta didik sanggup mempraktikkan Adzan dan Iqomah
-       Peserta didik sanggup menjawab bacaan adzan dikala mendengar adzan
-       Peserta didik sanggup menyebutkan do’a setelah adzan
KELAS : III ( TIGA )
SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
I
1.1.         Adzan dan Iqomah
-       Menyebutkan do’a setelah adzan
-       Menghafal do’a setelah adzan
-            Peserta didik sanggup menyebutkan do’a setelah adzan
-            Peserta didik sanggup hafal do’a setelah adzan
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan satu persatu do’a setelah adzan
1.2.         Sholat Fardlu
-       Niat sholat Fardlu munfarid
-       Menyebutkan sholat fardlu lima waktu
-       Do’a Qunut
-            Peserta didik sanggup menghafal niat sholat fardu munfarid
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat fardlu lima waktu
-            Peserta didik sanggup hafal do’a qunut
II
2.1. Sholat Fardlu
-       Niat sholat fardlu berjamaah
-       Melakukan sholat Fardu berjamaah
-            Peserta didik sanggup menghafal niat sholat berjamaah
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat fardlu berjamaah
KELAS : IV ( EMPAT )
SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
I
1.1.            Sholat Sunat Rowatib
-       Menyebutkan sholat sunat rowatib muakkad
-       Menyebutkan sholat sunat rowatib ghoiru muakkad
-            Peserta didik sanggup mengenal sholat sunah rowatib muakkad
-            Peserta didik sanggup mengenal sholat sunah rowatib ghoiru muakkad
-            Peserta didik sanggup membaca niat sholat sunat rowatib
-            Peserta didik sanggup menghafal niat sholat sunat rowatib
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat sunah rowatib
II
2.1. Sholat Jum’at
-       Menjelaskan sholat jum’at
-       Menjelaskan sholat tahiyyatal masjid
-       Menjelaskan sholat qobliyyah jum’at
-       Menjelaskan sholat ba’diyyah jum’at
-            Peserta didik sanggup mengenal sholat jum’at
-            Peserta didik sanggup hafal niat sholat jum’at
-            Peserta didik sanggup mengenal sholat tahiyyatal masjid
-            Peserta didik sanggup mengenal sholat qobliyyah jum’at
-            Peserta didik sanggup mengenal sholat ba’diyyah jum’at
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat jum’at
KELAS : V ( LIMA )
SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
I
1.1.            Sholat Jenazah
-       Menyebutkan niat sholat jenazah
-       Menjelaskan tata cara sholat mayat laki-laki
-       Menjelaskan tata cara sholat mayat perempuan
-            Peserta didik sanggup membaca niat sholat mayat pria dan perempuan
-            Peserta didik sanggup membaca bacaan –bacaan dalam sholat jenazah
-            Peserta didik hafal niat sholat mayat pria dan perempuan
-            Peserta didik hafal bacaan –bacaan dalam sholat jenazah
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat mayat pria dan perempuan
1.2.            Sholat Dluha
-       Mengenal sholat dluha
-       Menyebutkan niat sholat dluha
-            Peserta didik hafal niat sholat dluha
-            Peserta didik hafal do’a sholat dluha
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat dluha
II
2.1. Sholat Tahajud
-       Menyebutkan niat sholat tahajud
-       Menjelaskan tata cara sholat tahajud dan waktunya
-            Peserta didik hafal niat sholat tahajud
-            Peserta didik hafal do’a sholat tahajud
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat tahajud
2.2. Sholat ‘Idain
-       Menyebutkan niat sholat ‘idain ( idul fitri dan idul adha)
-       Menjelaskan tata cara sholat ‘idain ( idul fitri dan idul adha )
-             Peserta didik hafal niat sholat ‘idain ( idul fitri dan idul adha)
-            Peserta didik hafal bacaan dalam sholat ‘idain ( bacan tasbih)
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat ‘idain ( idul fitri dan idul adha
KELAS : VI (ENAM)
SEMESTER
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
I
1.1.            Sholat Fardlu Lima Waktu
-       Menjelaskan tata cara sholat fardlu dengan berjamaah
-       Menjelaskan wirid ( dzikir setelah sholat fardlu ) dan do’anya
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat fardlu dengan berjamaah
-            Peserta didik hafal do’a qunut
-            Peserta didik hafal wirid ( dzikir setelah sholat fardlu )
-            Peserta didik hafal do’a wirid (dzikir setelah sholat fardlu )
1.2.            Sholat Gerhana
-       Menyebutkan niat sholat gerhana matahari dan gerhana bulan
-            Peserta didik hafal niat sholat gerhana matahari
-            Peserta didik hafal niat sholat gerhana bulan
II
2.1. Sholat Gerhan
-       Menjelaskan tata cara sholat gerhana matahari dan gerhana bulan
-            Peserta didik sanggup menyebutkan jumlah rokaat sholat gerhana matahari da gerhana bulan
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat gerhana matahari dan gerhana bulan
2.2. Sholat Jenazah
(Melanjutkan Kelas 5 semester I)
-       Menyebutkan niat sholat jenazah
-       Menjelaskan tata cara sholat mayat laki-laki
-       Menjelaskan tata cara sholat mayat perempuan
-            Peserta didik sanggup membaca niat sholat mayat pria dan perempuan
-            Peserta didik sanggup membaca bacaan –bacaan dalam sholat jenazah
-            Peserta didik hafal niat sholat mayat pria dan perempuan
-            Peserta didik hafal bacaan –bacaan dalam sholat jenazah
-            Peserta didik sanggup mempraktikkan sholat mayat pria dan perempuan
Demikian artikel perihal Standar isi kurikulum Praktek Ibadah di madrasah, biar bermanfaat



Terima kasih telah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.
Jangan lupa baca artikel : Pembinaan-Dinas-KaKankemenag-Kudus-di-Undaan

Untuk melihat lebih jauh perihal semua postingan blog ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ]

Semoga bermanfaat dan jangan lupa  tombol like , Terima Kasih

0 Response to "√ Standar Isi Kurikulum Praktek Ibadah Di Madrasah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel