√ 7 Cara Merangsang Gairah Berguru Anak


Kabarmadrasah.com - Dalam proses pembelajaran ,tidak jarang kita menemui hambatan dikarenakan kurangnya gairah ( motivasi ) anak didik dalam mengikuti KBM ( Kegiatan Belajar mengajar ). Meskipun kita sebagai guru sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan matang, baik Silabus, RPP, maupun alat peraga .Untuk itu, kita tertantang semoga bisa merangsang gairah berguru anak didik dengan sungguh-sungguh.


Jika kita lihat dari proses timbulnya gairah ( baca: motivasi ), sanggup kita bedakan menjadi 2 macam yaitu
1.       Gairah berguru dari dalam

Yaitu gairah yang timbul dari dalam diri anak. Jika anak sudah memiliki motivasi diri, beliau akan dengan sadar  melaksanakan aktivitasnya tanpa harus menyuruh dan memberi komando, tinggal kita yang mengarahkan semoga motivasi tersebut sanggup dipertahankan dan sesuai jalur kebenaran. Misalnya : anak berguru ihwal cara sholat yang benar alasannya ialah beliau sadar ihwal kewajibannya sebagai hamba Allah. Demikian juga anak berguru alasannya ialah sadar betapa pentingnya berguru bagi dirinya , dan seterusnya

2.       Gairah  berguru dari luar

Yaitu gairah yang timbul dan ditimbulkan alasannya ialah efek dari luar. Dalam hal ini seorang anak mau berguru alasannya ialah ada semacam imbalan atau hukuman.
Kita sebagai pendidik punya peranan penting dalam membangkitkan gairah berguru anak baik dari dalam maupun darri luar dirinya

Setidaknya ada 7 cara merangsang gairah anak didik dalam berguru yaitu :

1.   Pengajaran dihubungkan dengan minat anak didik
Minat yaitu kecenderungan dalam diri anak didik untuk tertarik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu, contohnya bahagia pelajaran Aqidah Akhlak, bahagia berhitung, bahagia menggambar , bahagia mengarang,dll. Dalam hal ini, guru harus sanggup mengarahkan minat anak tersebut.
2.   Menyajikan pelajaran secara sistematis dan terencana
3.   Menggunakan alat peraga sebagai alat bantu pengajaran
Alat peraga disini bisa berupa alat, atau tiruan , bahan, audio, maupun audio visual ( proyektor ). Penggunaan peraga semisal proyektor akan sangat mendongkrak semangat anak dalam belajar, lebih-lebih diselingi intermezzo untuk menambah rileks suasana.
4.  Reward / hadiah dan pujian bagi anak didik tentu lebih disenangi dari pada eksekusi dan celaan, meskipun ada sifat eksekusi yang sanggup membangkitkan motivasi belajar.
5.  Guru senantiasa peka terhadap perkembangan psikologis anak didiknya
6. Guru bisa mengadakan selingan-selingan yang sanggup membangkitkan semangat dan rasa kegembiraan dalam pengajaran
7.   Memberi nasehat dan kisah-kisah berupa pengalaman yang baik dan menyenangkan , menyentuh hati dan perasaan anak didik sehingga  sanggup membangkitkan motivasi anak didik.

Demikian srtikel  7 Cara merangsang gairah berguru anak. Semoga membawa manfaat bagi kita semua



0 Response to "√ 7 Cara Merangsang Gairah Berguru Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel