√ Madrasah Unggulan


Kabarmadrasah.com – Menjadikan sekolah/madrasah unggulan tidaklah gampang namun begitu tidaklah telalu sulit kalau ada kemauan dari semua stakeholder yang ada.
madrasah unggulan tidaklah gampang namun begitu tidaklah telalu sulit kalau ada kemauan dari √ Madrasah Unggulan

Berikut ini ciri-ciri Sekolah/Madrasah unggul yang bisa memotivasi kita, diantaranya adalah:
1. Masuk Sekolah/Madrasah Tanpa Seleksi :
Sekolah/Madrasah unggul yakni Sekolah/Madrasah yang pada tahap Inputnya (saat masuk) tidak melaksanakan seleksi dalam hal berkaitan dengan nilai atau kemampuan tertentu. Misalkan harus bisa baca, berhitung, menulis, nilainya harus tinggi dan banyak sekali persyaratan akademik lainnya adapun kalau ada tidak dijadikan sayarat lulus atau tidaknya siswa tersebut.
Sekolah/Madrasah unggul dalam tahap inputnya hanya melaksanakan pemetaan ihwal kemampuan penerima didik tersebut. Kalaupun ada tes hanya dijadikan sebagai pola untuk membagi kelas berimbang, yaitu kelas yang isinya terdiri dari banyak sekali kemampuan penerima didik.
2. Menerima Semua Siswa Dengan Berbagai Karakter:
Sekolah/Madrasah unggul yakni Sekolah/Madrasah yang bisa memanusiakan manusia, mendapatkan segala keterbatasan yang dimiliki oleh calon siswa baru. Sekolah/Madrasah ungul mendapatkan siswa Autis, siswa Slow Learner , Fast learner dan siswa-siswa dengan ke unikan lainnya.
Anak-anak istiniewa tersebut harus mendapatkan daerah terbaik, daerah yang bisa mengembangkan segala potensi yang dimilikinya serta daerah yang bisa memahami segala kekurangan yang dimilikinya.
Sekolah/Madrasah ibarat ini biasanya juga disebut dengan Sekolah/Madrasah Inklusi, yaitu Sekolah/Madrasah yang mempunyai keberagaman kemampuan siswa atau kita juga mengenal ihwal Sekolah/Madrasah Multiple Intelligence.
Oleh alasannya yakni itu kita harus punya keyakinan bahwa Sekolah/Madrasah unggul yakni Sekolah/Madrasah yang bisa mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh penerima didik. Alhamdulillah sekarang sudah mulai banyak Sekolah/Madrasah-Sekolah/Madrasah yang mau melaksanakan ini.
3. Sekolah/Madrasah Yang Mendahulukan Nilai-Nilai Akhlak:
Sekolah/Madrasah yang bisa disebut dengan Sekolah/Madrasah unggul bukanlah Sekolah/Madrasah yang elit, Sekolah/Madrasah yang biayanya mahal, Sekolah/Madrasah yang gedungnya mentereng dan lain sebagainya. Sekolah/Madrasah yang unggul yakni Sekolah/Madrasah yang mengutamakan nilai-nilai budpekerti dalam budaya sehari-harinya, Sekolah/Madrasah yang dalam tujuan risikonya yakni menyebabkan pribadi-pribadi yang berakhlak mulia.
Sekolah/Madrasah yang mempunyai nilai-nilai budpekerti pada gurunya, siswa-siswa dan masyarakat Sekolah/Madrasahnya merupakan Sekolah/Madrasah dambaan bagi para orang bau tanah yang menginginkan masa depan anaknya menjadi cerah. Sekolah/Madrasah ini dalam istilah lain juga bisa disebut dengan Sekolah/Madrasah berkarakter..
4. Sekolah/Madrasah Yang Memiliki Agenda Rutin Untuk Pelatihan Gurunya :
Salah satu penentu Sekolah/Madrasah unggul yakni adanya guru-guru yang berkualitas dan guru-guru tersebut mustahil ada tanpa di dukung oleh sebuah sistem dan administrasi Sekolah/Madrasah unggul. oleh alasannya yakni itu kepala Sekolah/Madrasah dan pengelola forum pendidikan (Yayasan) harus saling bersinergi untuk membangunnya.
Sekolah/Madrasah Unggul yakni Sekolah/Madrasah yang mempunyai jadwal rutin dalam aktivitas pengembangan diri guru-gurunya. Idealnya minimal ada 8 kali training yang dilaksanakan oleh Sekolah/Madrasah atau forum dalam setahun.
Pelatihan tersebut misalnya yakni ihwal Ice Breaking, Manajemen Kelas,Lesson Plan, Seminar Parenting,  Administrasi Mengajar,  Character Buliding, Komunikasi Efektif, Public Speaking, Strategi Mengajar, Pelatihan Menulis, Pelatihan Media Pembelajaran dan lain sebagainya.
Bagaimana bila tidak mempunyai biaya?
Terkait dengan biaya memang menjadi kedala yang umum dan biasa, namun Sekolah/Madrasah setidaknya mencari solusi terbaik supaya para guru terus bisa di upgrade kemampuannya dengan cara melaksanakan kajian buku bulanan, resensi buku dan aktivitas breafing pagi. 
5. Sekolah/Madrasah Yang Mampu Mensejahterkan Gurunya :
Bagaimanapun kesejahteraan yakni hal penting bagi Sekolah/Madrasah unggul, fenomenanya banyak kita lihat disebuah forum pendidikan guru keluar masuk. Hal ini salah satu sebabnya di akibatkan lantaran kurangnya Sekolah/Madrasah atau forum memperhatikan kesejahteraan gurunya.
Sudah sepatutnya Sekolah/Madrasah atau sebuah forum menunjukkan ketenangan pada guru, supaya mereka bisa mengajar dengan maksimal. Kesejahteraan guru tentu akan berdampak pada peningkatan kualitas Sekolah/Madrasah tersebut, akan banyak guru yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam mewujudkan visi dan misi Sekolah/Madrasah.
6. Sekolah/Madrasah Yang Memiliki Hubungan Baik Antara Orang Tua Murid, Guru Dan Pihak Pengelola:
Sekolah/Madrasah dan orang bau tanah harus bisa saling bersinergi, lantaran bagaimanapun tidak akan ada sebuah jadwal yang bisa berhasil, bila apa yang dilakukan di Sekolah/Madrasah dengan yang di rumah berbeda.
Conth adanya kesepakatan bersama antara pihak Sekolah/Madrasah dengan orang bau tanah di rumah. Pada ketika di rumah orang bau tanah wajib menciptakan jadwal ihwal jadwal yang mendukung visi dan misi Sekolah/Madrasah yaitu pada pukul 05.00 (setelah subuh) menyetel murotal Juz 30, Pukul 17.18.00 (sebelum magrib) menyetel murotal Juz 30 dan pada pukul 18.00-20.00 dilarang menyalakan TV di rumah.
Ini diantara langkah bersinergi demi mewujudkan harapan bersama yaitu untuk menyebabkan belum dewasa hafal Juz 30 dan 29 selama Sekolah/Madrasah. 
Inilah pentingnya bersinergi antara orang tua, guru, karyawan dan pengelola forum pendidikan.
7. Sekolah/Madrasah Yang Memiliki Budaya Unggul (Kebiasan-Kebiasan Baik) :
Kebiasan-kebiasan baik (Habits) wajib dimiliki oleh Sekolah/Madrasah unggul, lantaran ini akan menjadi merk Sekolah/Madrasah tersebut. kebiasan-kebiasan baik ini tercermin dalam budaya Sekolah/Madrasah. Contohnya diwajibkan membiasakan belum dewasa supaya memanggil adek kelasnya dengan adik dan sebaliknya memanggil abang kelas dengan panggilan kakak, membiasakan ketika berjalan menemukan sampah pribadi di pungut, membiasakan untuk mengingatkan teman-temannya yang melanggar budaya Sekolah/Madrasah dan lain sebagainya.
Budaya Sekolah/Madrasah akan menjadi bekal penting bagi masa depan anak-anak, lantaran kelak mereka akan membiasakan hal-hal yang baik, semoga kita bisa melakukannya.
8. Sekolah/Madrasah Yang Menjadikan Membaca Dan Menulis Adalah Agenda Wajib Bagi Guru-Gurunya :
Bagi kita sebagai guru, buku sudah sepatutnya dijadikan sahabat terbaik, lantaran bagaimanapun guru harus terus mengasah kemampuan dirinya. Jika kesempatan untuk mengikuti training sangat jarang maka solusinya yakni dengan cara membaca buku-buku inspiratif yang berbuhungan dengan profesi kita.
Oleh alasannya yakni itu hal ini harus di dukung oleh pihak Sekolah/Madrasah atau forum Sekolah/Madrasah dengan cara menyediakan perpustakaan khusu bagi guru, yaitu dengan menghadirkan buku-buku populer. Selanjutnya kepala Sekolah/Madrasah menciptakan kebijakan, bahwa setiap guru wajib meresensi buku minimal 1 buku dalam sebulan, kemudian hasil resensi tersebut di kaji dalam rapat bulanan.
9. Sekolah/Madrasah yang mementingkan kebersihan dan kesehatan Sekolah/Madrasah (Sekolah/Madrasah Hijau)
Tempat yang paling nyaman untuk berguru yakni daerah yang higienis dan sehat. Sekolah/Madrasah unggul biasanya secara fisik bisa sangat terlihat, walaupun gedungnya tidak mentereng, bertingkat-tingkat dan tidak ber AC, tapi Sekolah/Madrasah tersebut terlihat asri, nyaman, hijau dan bersih.
Jika Sekolah/Madrasah tersebut sudah terlihat ibarat ini, bisa dipastikan belum dewasa yang Sekolah/Madrasah tersebut yakni belum dewasa yang berakhlak, lantaran beliau bisa menjaga hubungan baik dengan alam.  Siapaun siswa atau guru yang berada di daerah tersebut akan mencicipi kenyamanan yang luar biasa.
10. Sekolah/Madrasah Yang Mau Berbagi Kesuksesan Dengan Sekolah/Madrasah Lainnya :
Sekolah/Madrasah unggul bukanlah Sekolah/Madrasah unggul dengan kesendiriannya, tapi Sekolah/Madrasah unggul yakni Sekolah/Madrasah yang bisa menyebabkan Sekolah/Madrasah lain bisa menjadi unggul juga. Oleh alasannya yakni itu ciri dari Sekolah/Madrasah unggul yang kesepuluh ini sangat penting untuk dimiliki, yaitu Sekolah/Madrasah yang siap mengembangkan ilmu dengan siapapun yang mau menimba ilmu.
Kini banyak Sekolah/Madrasah unggul yang “tidak pelit” ilmu, untuk membagikan kesuksesannya dengan Sekolah/Madrasah-Sekolah/Madrasah lain. Bahkan banyak Sekolah/Madrasah unggul yang mengadakan pelatihan-pelatihan secara gratis untuk Sekolah/Madrasah lain demi mewujudkan mimpi bersama yaitu mewujudkan generasi berakhlak dan berilmu.
11. Sekolah/Madrasah yang bisa memunculkan kreatifitas dan penemuan bagi siswa dan guru
12. Mampu membangkitkan jiwa kewirausahaan siswa , guru dan Sekolah/Madrasah. khusus Sekolah/Madrasah bertujuan untuk mewujudkan “high quality, low cost”
13. Mampu menunjukkan ilmu komplemen berupa lifeskill atau softskill

Semoga artikel sederhana ini mengingatkan kita bersama bahwa Sekolah/Madrasah unggul tidak melulu dilihat dari nilai angka-angka yang tinggi. Semoga bermanfaat, menginspirasi kita dalam mengelola Sekolah/Madrasah daerah kita mengabdi.

Untuk melihat lebih jauh ihwal semua postingan blog  ini,, silakan kunjungi Daftar Isi ] 
Semoga bermanfaat dan jangan lupa  tombol like , Terima Kasih



0 Response to "√ Madrasah Unggulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel