√ Seminar Hasil Penelitian Tindakan Tahun 2019, Gugus Iv Diponegoro

Dalam rangka menjalankan fungsinya, sebagai wadah dalam mengembangkan kompetensi guru, KKG Kelas IV Gugus IV Diponegoro menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Tahun 2019. Penyaji dalam seminar ini diikuti oleh guru-guru di lingkungan Gugus IV Diponegoro. Untuk menyidik kelayakan laporan PTK biar mendapat angka kredit, Panitia menghadirkan Bapak I Gede Sumerta, S. Pd. selaku anggota Tim Penilai Angka Kredit Kabupaten Jembrana. Acara juga dihadiri oleh Bapak Ketua Gugus IV Diponegoro, I Gede Wiarsika Yasa, S. Pd. Dihadiri juga oleh bapak Pengawas Pembina, I GAP Windana, S.Pd.SD, M.Pd.   

Adapun penyaji dalam acara ini, berjumlah 3 orang, yaitu:
Penyaji I: I Wayan Ardika, S. Pd. dari SDN 6 Yehembang (unduh Makalah)
Penyaji II: Ni Made Srindawati, S.Pd dari SDN 5 Yehembang Kauh (unduh Makalah)
Penyaji III: Ketut Gede Astawayasa, S.Pd. SD dari SDN 5 Yehembang Kauh (unduh Makalah)

Adapun Susunan Acaranya sebagai berikut:
07.30-08.00  : Registrasi 
08.00-08.30   : Pembukaan
                        1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
                        2. Doa
                        3. Laporan Ketua Panitia
                        4. Sambutan dari Pengawas Pembina, Sekaligus membuka program secara resmi
08.30-08.45   : Istirahat Snack
08.45-09.15   : Penyaji 1
09.15-09.45  : Penyaji 2
09.45-10.15   : penyaji 3
10.15-10.45   : Penutupan

Jalannya Kegiatan:
Pukul 07.30 dimulai dengan Registrasi akseptor seminar. Peserta, penyaji, dan ajakan mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia.


Gambar Peserta Seminar

Pukul 08.00 dilanjutkan dengan program pembukaan. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian Doa dan Laporan Ketua Panitia. Ketua panitia melaporkan, bahwa tujuan acara Seminar ini ialah untuk memfasilitasi guru-guru Gugus IV Diponegoro yang telah melakukan penelitian tindakan kelas dan sekolah, sehingga karyanya sanggup dipublikasikan dan jadinya sanggup memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat guru. Dana dari acara ini ialah swadaya dari akseptor seminar.


Gambar Peserta Seminar Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Gambar Ketua Panitia memperlihatkan Laporan Kegiatan

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pengawas pembina, sekaligus membuka program seminar secara resmi. Pada sambutannya, Bapak pengawas sangat mendukung acara seminar, dan berharap rutin diadakan setiap tahunnya.


Gambar Pengawas Pembina Memberikan Sambutan dan Membuka Acara

Setelah program dibuka, semua akseptor disilahkan menikmati snack yang telah disediakan panitia. Pada kesempatan ini, bapak narasumber memperlihatkan sedikit arahan, terkait jalannya seminar. Beliau menyampaikan bahwa, Seminar penelitian tindakan merupakan salah satu ajang untuk memperlihatkan karya, yang bertujuan untuk saling menyebarkan antar guru. Seminar setidaknya harus terdiri dari 15 akseptor yang berasal dari minimal 3 sekolah. Pada ketika penyajian, harus ada moderator dan notulisnya.

Baca Juga:
Setelah istirahat snack, pukul 08.45 Penyaji 1 Mempresentasikan hasil PTK yang telah dibuat. Setelah presentasi, moderator membuka 1 sesi tanya jawab, dengan 3 penanya. Setelah itu, diberikan kesempatan kepada narasumber untuk memperlihatkan masukan.


Gambar Penyaji 1 Mempresentasikan Laporannya

Pukul 09.15, giliran penyaji 2 yang memberikan materinya. Beliau mempresentasikan ihwal penelitian tindakan sekolah yang telah dilakukan di sekolahnya. sama menyerupai penyaji 1, moderator membuka 1 sesi tanya jawab, dengan 3 orang penanya. Setelah itu, diberikan kesempatan kepada narasumber untuk memperlihatkan masukan.
Gambar Penyaji 2 Mempresentasikan Laporannya

Pukul 09.45, Penyaji 3 mempresentasikan Laporan PTK yang telah dibuat. Sama menyerupai sebelumnya, Setelah presentasi, moderator membuka 1 sesi tanya jawab, dengan 3 penanya. Setelah itu, diberikan kesempatan kepada narasumber untuk memperlihatkan masukan.


Gambar Penyaji 3 Mempresentasikan Laporannya

Pukul 10.15, Bapak Ketua Gugus IV Diponegoro menutup program seminar, dengan mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak, yang telah mendukung terlaksananya seminar ini.



Gambar Ketua Gugus IV Diponegoro Menutup Acara

Demikian yang sanggup kami laporkan, semoga acara semacam ini sanggup berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Semoga bermanfaat.


Salam Edukasi.

0 Response to "√ Seminar Hasil Penelitian Tindakan Tahun 2019, Gugus Iv Diponegoro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel