√ Pedoman Perlombaan Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tingkat Nasional 2019


Kabar Gembitra!!!

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 dengan tema: "lnovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0". Adapun lingkup  karya  inovasi  pembelajaran  meliputi  karya  yang relevan  dengan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, literasi teknologi, penguatan pendidikan karakter, Science  Technology Enginering Art  and  Mathematics (STEAM), dan kearifan lokal.

Tujuan
Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019, sebagai berikut.
  1. memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran;
  2. memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
  3. menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang dapat diimplementasikan;
  4. mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
  5. memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding ataujurnal;
  6. memberikan penghargaan kepada guru SD yang berinovasi.
Sasaran
Sasaran  kegiatan  Perlombaan   Karya  Inovasi  Pembelajaranbagi   Guru  SD  Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah  guru  SD di  seluruh  wilayah  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia, yang mencakup:
  1. Guru yang melakukan  inovasi pembelajaran  tematik integratif, menggunakan  kode GTI;
  2. Guru Kelas yang melakukan  inovasi pembelajaran Matematika,menggunakan  kode GKM;
  3. Guru  yang  melakukan   inovasi  pembelajaran  untuk  anak  berkebutuhan  khusus  di sekolah penyelenggarapendidikaninklusif, menggunakan kode GPI.
Prinsip Perlombaan
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
  1. Inovatif: pembaruan  atau penemuan hal-hal baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya;
  2. Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat;
  3. Edukatif: menumbuhkan sikap  sportivitas, kebersamaan, dan  saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan;
  4. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru SD secara sehat;
  5. Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  6. Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka:
  7. Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  8. Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; dan
  9. Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai denganyang direncanakan.
Persyaratan Karya
Karya  yang  diikutsertakan   dalam  Perlombaan   Karya  Inovasi  Pembelajaran   hams memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. Bersifat individual;
  2. Satu guru hanya boleh mengajukan satu karya Inobel;
  3. Orisinal;
  4. Telah  diimplementasikan  pada  proses  pembelajaran  dan  sudah  ada  hasilnya maksimal dua tahun terakhir;
  5. Belum  pernah  diikutsertakan  dalam  perlombaan  sejenis  baik  secara  nasional maupun internasional; dan
  6. Bukan merupakan karya dalam penyelesaian tugas akhir studi, skripsi, tesis, atau disertasi.
Persyaratan Naskah
  1. Naskah  diketik  mengikuti  teknik  dan  sistematika  penulisan  yang  ditentukan dalam Pedoman Perlombaan  Karya  Inovasi  Pembelajaran   Guru  SD  Tingkat Tahun 2019 dengan ketentuan isi naskah maksimal 40 halaman, spasi 1,5, huruf times new roman ukuran 12.
  2. Karya Inovasi Pembelajaran yang dikirim berupa naskah dalam bentuk softcopy secara daring ke laman https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id 
Jadwal Pelaksanaan
Untuk lebih jelasnya sanggup mengunduh pedoman dalam file Pdf berikut.
Pedoman Perlombaan INOBEL SD Tingkat Nasional 2019 (unduh)

Baca Juga:
Buku Kumpulan Finalis dan Juara Inobel 2019
Buku Kumpulan Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika 2019

Demikian yang sanggup kami bagikan, supaya bermanfaat.
Salam Edukasi.

0 Response to "√ Pedoman Perlombaan Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tingkat Nasional 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel