√ Pedoman Perlombaan Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tingkat Nasional 2019
Kabar Gembitra!!!
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 dengan tema: "lnovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0". Adapun lingkup karya inovasi pembelajaran meliputi karya yang relevan dengan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, literasi teknologi, penguatan pendidikan karakter, Science Technology Enginering Art and Mathematics (STEAM), dan kearifan lokal.
Tujuan
Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019, sebagai berikut.
Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaranbagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup:
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
Tujuan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019, sebagai berikut.
- memotivasi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran;
- memotivasi guru dalam berkarier melalui karya inovasi pembelajaran;
- menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang dapat diimplementasikan;
- mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran kepada teman sejawat;
- memublikasikan hasil karya inovasi pembelajaran melalui prosiding ataujurnal;
- memberikan penghargaan kepada guru SD yang berinovasi.
Sasaran kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaranbagi Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah guru SD di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup:
- Guru yang melakukan inovasi pembelajaran tematik integratif, menggunakan kode GTI;
- Guru Kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika,menggunakan kode GKM;
- Guru yang melakukan inovasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggarapendidikaninklusif, menggunakan kode GPI.
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2019 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
- Inovatif: pembaruan atau penemuan hal-hal baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya;
- Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat;
- Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan;
- Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru SD secara sehat;
- Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
- Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka:
- Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
- Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; dan
- Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai denganyang direncanakan.
Persyaratan Karya
Karya yang diikutsertakan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran hams memenuhi syarat sebagai berikut:
Karya yang diikutsertakan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran hams memenuhi syarat sebagai berikut:
- Bersifat individual;
- Satu guru hanya boleh mengajukan satu karya Inobel;
- Orisinal;
- Telah diimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya maksimal dua tahun terakhir;
- Belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis baik secara nasional maupun internasional; dan
- Bukan merupakan karya dalam penyelesaian tugas akhir studi, skripsi, tesis, atau disertasi.
Persyaratan Naskah
- Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Tahun 2019 dengan ketentuan isi naskah maksimal 40 halaman, spasi 1,5, huruf times new roman ukuran 12.
- Karya Inovasi Pembelajaran yang dikirim berupa naskah dalam bentuk softcopy secara daring ke laman https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id
Jadwal Pelaksanaan
Untuk lebih jelasnya sanggup mengunduh pedoman dalam file Pdf berikut.
Pedoman Perlombaan INOBEL SD Tingkat Nasional 2019 (unduh)
Baca Juga:
Buku Kumpulan Finalis dan Juara Inobel 2019
Buku Kumpulan Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika 2019
Demikian yang sanggup kami bagikan, supaya bermanfaat.
Salam Edukasi.
0 Response to "√ Pedoman Perlombaan Penemuan Pembelajaran (Inobel) Guru Sd Tingkat Nasional 2019"
Post a Comment